Fakta: Menyalip Kendaraan Lain Sangat Beresiko

 Fakta: Menyalip Kendaraan Lain Sangat Beresiko

Menyalip kendaraan lain bisa berbahaya. Kesulitan dalam menyalip merupakan menilai ruang yang dibutuhkan untuk menyelesaikan manuver dengan aman.
 
Manuver menyalip jalur tunggal dan multi jalur mengandung resiko dan memerlukan kehati-hatian yang ekstrim. Bila Anda ragu, sebaiknya jangan menyalip dan menunggu hingga lebih aman.

Anda harus menyalip di sebelah kanan kecuali kendaraan sedang menunggu untuk berbelok ke kanan, tidak bergerak, atau jika Anda dan kendaraan lain sedang berjalan di jalur yang diberi tanda. Dalam hal ini Anda boleh menyalip di sisi kiri jika aman.

Ketika menyalip Anda harus:

* Tidak melampaui batas kecepatan.

* Pastikan jalan di depan bebas hambatan dan terdapat cukup ruang untuk Anda untuk menyelesaikan manuver (periksa jalan samping dan jalur lain untuk memastikan tidak ada yang memasuki ruang ini ketika Anda menyalip).

* Periksa kaca spion.

* Beri sinyal pada setiap perubahan posisi dengan durasi yang cukup untuk memberikan peringatan yang cukup kepada orang lain.

* Periksa titik buta sepeda motor dan kendaraan lain sebelum mengubah posisi jalur.

* Melewati kendaraan dengan jarak yang cukup untuk menghindari tabrakan (Anda harus bisa melihat kendaraan yang Anda salip di kaca spion sebelum Anda bergerak di depannya).

* Beri jalan kepada lalu lintas yang sudah berada di jalur yang Anda tuju. Semoga informasi ini bermanfaat.