Manfaat Makan Jantung Pisang untuk Kesehatan Termasuk Melancarkan ASI

 https://www.penghasilankerjainternet.xyz/2023/08/manfaat-makan-jantung-pisang-untuk.html

Jantung pisang bukanlah bagian dalam batang pisang, jantung pisang adalah bunga pisang yang nantinya akan menjadi buah pisang. Bunga pisang yang berwarna ungu ini cukup banyak diolah dalam bentuk gulai atau tumis.

Jantung pisang rasanya pun enak jika dicampur kan bahan makanan lainnya. Jantung pisang mengandung kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, asam lemak, flavanoid dan masih banyak lagi. Dengan begitu banyak kandungan dalam jantung pisang tidak heran jika ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat jantung pisang untuk kesehatan, yakni:

Untuk diabetes dan anemia
Jantung pisang dipercaya bisa mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Mengkonsumsi jantung pisang rebus bisa menurunkan kadar gula darah. Selain itu jantung bisa mengandung serat dan zat besi yang dapat membantu memproduksi sel darah merah sehingga bisa mengatasi gejala anemia. Anda bisa mengolah jantung pisang menjadi sayur tumis untuk teman makan nasi.

Melancarkan ASI
Menyusui sering jadi tantangan tersendiri buat Ibu baru, jantung pisang bermanfaat untuk ibu yang sedang menyusui karena dapat meningkatkan laktasi. Jika produksi ASI dirasa kurang memenuhi asupan pada bayi, jantung pisang bisa diandalkan untuk produksi ASI. Jantung pisang bisa dikonsumsi dengan cara direbus atau ditumis sebagai sayur.

Melawan radikal bebas
Manfaat jantung pisang berikutnya yaitu membantu untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas bisa menimbulkan masalah serius bagi tubuh yang terpapar radikal bebas, dalam jumlah banyak bisa menimbulkan berbagai masalah.

Langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti jantung pisang. Karena jantung pisang mengandung ekstrak metanol yang bertindak sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

Baik untuk pencernaan
Buat anda yang sering mengalami masalah pencernaan dapat mengkonsumsi jatuh pisang. Jantung pisang kaya akan serat yang larut dan serat tidak larut.  Serat larut memungkinkan makanan melewati saluran pencernaan dengan mudah karena larut dalam air. 
 
Sementara serat yang tidak larut membantu makanan yang tidak tercerna karena tidak larut dalam air. Sehingga kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan kecernaan dan penyerapan makanan yang sehat.

Mengurangi pendarahan saat menstruasi
Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari jantung pisang adalah kemampuannya untuk mengurangi pendarahan saat menstruasi. Hal ini terkait dengan pendarahan dan sakit perut yang biasanya dirasakan saat menstruasi. Dengan mengkonsumsi jantung pisang bisa meningkatkan progesteron yang dapat mengurangi pendarahan berlebih dan sakit perut saat menstruasi.

Menyembuhkan infeksi
Manfaat jantung pisang yang lain, kemampuannya untuk menyembuhkan infeksi. Ini karena adanya kandungan etanol yang dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri patogen. 
 
Bahkan sebuah penelitian pada tahun 2010 mengatakan bahwa jantung pisang tidak hanya bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi saja. Jantung pisang bisa juga mempercepat penyembuhan lupa dan mencegah pertumbuhan malaria.

Mengurangi kecemasan
Manfaat jantung pisang juga bisa meningkatkan mood dan mengatasi kecemasan. Magnesium yang terdapat di jantung pisang dipercaya dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan.

Karena kandungan magnesium yang dikandung dalam jantung pisang ini berfungsi sebagai antidepresan. Sehingga anda dapat memiliki mood yang baik dan mengurangi gangguan kecemasan bahkan tanpa efek picsay.

Menurunkan berat badan
Jantung pisang mengandung sedikit kalori, karbohidrat dan protein di dalamnya. Namun makanan ini tinggi serat sehingga akan membuat anda kenyang lebih lama. Masakan jantung pisang juga dapat menenangkan perut apabila dikonsumsi.

Karena faktor-faktor tersebutlah yang membuat jantung pisang baik sebagai asupan bagi anda yang sedang diet. Untuk manfaat yang lebih maksimal anda bisa menggunakan jantung pisang sebagai campuran bahan salad atau sup. Semoga bermanfaat.